Saturday 6 June 2015

KHASIAT BUAH MAHKOTA DEWA UNTUK PENGOBATAN

Mahkota Dewa adalah salah satu tanaman obat asli Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman Mahkota Dewa ini dalam bahasa ilmiah disebut Phaleria Macrocarpa. Tanaman ini memiliki berbagai khasiat dan manfaat bagi pengobatan berbagai macam penyakit dan juga bisa di manfaatkan sebagai tanaman peneduh dan tanaman penghias di pekarangan rumah.

Mahkota Dewa tanaman obat dari Papua

Kandungan-kandungan yang terdapat didalam buah Mahkota Dewa ini antara lain  :

* Alkaloid
* Flavonoid
* Saponin
* Polyphenol
* Dll

Alkaloid, Saponin dan Polyphenol mempunyai kemampuan yang baik didalam membantu proses detoksifikasi atau proses menetralisir racun di dalam tubuh. Saponin juga memiliki fungsi sebagai anti bakteri dan anti virus, meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, meningkatkan vitalitas, menurunkan kadar gula darah dan membantu menghambat proses pembekuan darah.

Flavonoid berfungsi mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga sangat membantu melancarkan proses peredaran darah. Flavonoid juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah, menurunkan resiko serangan penyakit jantung koroner.Flavonoid juga bisa berfungsi sebagai anti inflamasi  dan anti oksidan yang bisa meredakan rasa sakit di saat terjadi pendarahan dan pembengkakan.

Sedangkan Polyphenol di dalam buah Mahkota Dewa memiliki fungsi yang baik sebagai anti histamin dan anti alergi.

Dengan adanya berbagai kandungan yang terdapat di dalam buah Mahkota Dewa ini membuat Mahkota Dewa mampu memberikan efek yang cukup didalam membantu  proses penyembuhan penyakit seperti :

- Mengobati diabetes melitus
- Menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker
- Menurunkan kadar kolesterol
- Mengobati  asam urat dan rematik
- Meredakan nyeri saat pendarahan dan pembengkakan
- Mengobati eksim/gatal-gatal
- Mengobati disentri
- Meningkat sistem imun dalam tubuh
- Mengobati jerawat pada wajah dll

Walaupun belum diketahui secara pasti dosis yang tepat untuk menggunakan Mahkota Dewa ini di dalam pengobatan namun demikian Mahkota Dewa terbukti mampu mengobati berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa contoh cara menggunakan Mahkota Dewa sebagai Ramuan Tradisional untuk pengobatan :

1. Mengobati Diabetes Melitus

Untuk mengobati diabetes melitus kita bisa mengiris-iris 5-6 buah Mahkota Dewa dan merebusnya dengan 5 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa sekitar 3 gelas saja dan setelah itu saring airnya dan minum 3x sehari masing-masing satu gelas.

2. Mengobati Hepatitis

Siapkan bahan-bahan nya antara lain 5gr daging buah Mahkota Dewa kering, 15 gr pegagan, 10 gr sambiloto kering, 15 gr daun dewa, dan 5 gelas air bersih. Cara membuatnya yaitu cukup merebus semua bahan hingga mendidih dan airnya tersisa 3 gelas saja kemudian saring airnya dan minum 3x sehari.

3. Mengobati Tumor dan Kanker

Untuk mengobati tumor dan kanker  kita bisa menyiapkan bahan-bahan antara lain 5 gr daging buah Mahkota Dewa kering, 15 gr temu putih, 10 gr sambiloto kering, 15 gr cakar ayam kering dan 5 gelas air. Cara membuatnya juga cukup dengan merebus semua bahan yang di sediakan  hingga mendidih dan airnya tersisa sekitar 3 gelas saja. Kemudian saring airnya dan minum 3x sehari masing-masing satu gelas.

4. Mengobati  Rematik dan Asam Urat

Untuk mengobati rematik dan asam urat bahan-bahan yang harus disiapkan yaitu 5g daging buah Mahkota Dewa, 15 gr akar sidaguri, 10 gr sambiloto kering, dan 5 gelas air bersih. Cara membuatnya  yaitu dengan merebus semua bahan hingga mendidih dan airnya tersisa 3 gelas kemudian airnya di saring dan diminum 3x sehari sebelum makan masing-masing satu gelas.

5. Mengobati Disentri

Siapkan 5 gr kulit buah Mahkota Dewa kering dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit kemudian saring airnya dan minum sekaligus. Minun ramuan ini 2-3 x sehari.

6. Mengobati Eksim dan Gatal- Gatal

Bahan yang harus kita siapkan yaitu daun Mahkota Dewa segar secukupnya dan di giling sampai halus. Untuk mengobati eksim dan gatal-gatal kita bisa menempelkan Daun Mahkota Dewa yang sudah digiling tadi ke bagian tubuh yang gatal-gatal dan membalutnya. Gantilah ramuan 2-3 x sehari.

Itulah berbagai khasiat dan manfaat Mahkota Dewa untuk mengobati berbagai macam penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga :
KHASIAT DAN MANFAAT BUAH MENGKUDU 

No comments:

Post a Comment